Manfaat Telur Untuk Kesehatan Ibu Hamil


Telur adalah salah satu bahan makanan yang populer dan mudah diolah. Anda pasti memiliki olahan telur favorit, misalnya disambal balado, sekedar dimata sapi, atau dibuat omellette. Gizi yang terkandung dalam telur baik untuk tubuh, terlebih lagi untuk ibu hamil.

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Cormell University, di dalam telur terdapat kandungan kolin yang berfungsi untuk mengurangi beberapa kemungkinan gangguan penyakit serta mengurangi stres yang dirasakan ibu sebelum proses kelahiran. Penelitian ini melibatkan sekitar 24 perempuan yang sedang hamil 3 bulan yang diminta secara acak untuk mengkonsumsi telur 480mg/hari dengan proses dilakukan selama 12 minggu.

Hasil penelitian itu menunjukan bahwa asupan tinggi kolin saat hamil dapat melawan beberapa efek merugikan akibat stres sebelum melahirkan, seperti tingkah laku, neuroendokrim, dan gangguan metabolik. Oleh karena itu, tak tak ada salahnya Anda mulai rutin mengonsumsi telur selama kehamilan. Kami punya beberapa resep andalan yang menggunakan telur sebagai bahan utamanya, salah satunya Sarang Telur Panggang.

Tak Hanya untuk Ibu, Tapi juga untuk Si Bayi

Selain mampu mengurangi stres pada ibu ketika hamil, telur juga terbukti bermanfaat untuk mengurangi risiko bayi untuk mengalami gangguan metabolisme serta penyakit yang ada kaitannya dengan stres. Tak hanya itu, telur yang dikonsumsi saat hamil ini juga memberikan peran penting untuk pengembangan otak janin dan juga bayi yang memounyai peran dalam memori serta kemampuan belajar.

Untuk itu disarankan untuk ibu hamil tidak melakukan diet dengan kandungan kolin rendah. Pasalnya hal ini berisiko besar untuk mendapatkan bayi yang mengalami cacat tabung saraf, contohnya spina bifida, ketika melahirkan nanti.

Perhatikan Asupannya

Perlu diketahui, di dalam sebutir telur terdapat kandungan kolin 125 mg. Kandungan ini terdapat pada kuning telur bukan pada putih telur. Kalau bicara soal kalori dalam telur, tentu berbeda pada tiap jenis telur yang kita ketahui, mengingat asupan kalori pun menjadi hal penting yang harus diperhatikan saat kehamilan.

Pada 1 butir telur ayam negeri mengandung 75 kalori, sedangkan telur ayam kampung hanya 50 kalori. Berbeda lagi dengan telur puyuh dan telur bebek yang kalorinya cukup besar. Pada telur puyuh mengandung 75 kalori tiap 3-4 butir, sedangkan 1 butir telur bebek mengandung 150 kalori.

Ada baiknya jika ingin mengkonsumsi telur selama masa kehamilan, pilihlah telur yang kalorinya relatif lebih kecil, misalnya telur ayam negeri dan ayam kampung.

Belum ada Komentar untuk "Manfaat Telur Untuk Kesehatan Ibu Hamil"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel